Ini adalah pengalamanku beberapa bulan yang lalu saat suami mengajakku untuk mengunjungi sebuah tempat wisata di daerah Gowa. Sebenarnya kunjungan itu dalam rangka agenda rapat kantor tempat suami bekerja namun karena suasana yang begitu nyaman, agenda rapatpun berubah menjadi acara refreshing. Suasana teduh dan tenang saat duduk di bawah pohon yang tumbuh lebat membuat niat diskusi menjadi ajang senda gurau. Belum lagi terdapat kolam renang yang seolah memanggil-manggil untuk segera berenang.

Putri kecilku yang saat itu ikut bersamaku langsung sumringah menatap jernihnya air kolam. Dengan rasa tak sabar ia menarik-narik lenganku agar segera membawanya ke dalam kolam. Betapa gembiranya putriku bisa berendam berlama-lama di dalam kolam apalagi banyak anak-anak lainnya yang tengah bermain air. Saat hari menjelang sore, putri kecilku tak mau meninggalkan kolam dan menangis sejadi-jadinya saat aku menggendongnya. Dengan alasan mandi bola di arena bermain akhirnya anakku berhenti menangis dan begitu senangnya dia saat aku membawanya ke tempat bermain. Aneka bentuk permainan ada disitu dan semua anak bisa bermain sepuasnya.

Terlepas dari pengalamanku diatas, potensi wisata kebun Kab. Gowa sangat menjanjikan. Hal ini dilihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke tempat itu terutama pada saat hari libur. Jika hari-hari biasa pengunjung tak terlalu banyak namun jika hari Sabtu-Minggu atau hari libur nasional tiba, pengunjung seolah tumpah ruah di tempat itu. Para pengunjung berdatangan dengan rombongan anak-anak dan orang tua. Dengan membawa bekal masing-masing, para pengunjung mulai memadati kolam renang dan arena bermain anak. Bapak-bapak yang hobi memancing langsung melangkahkan kakinya menuju tempat pemancingan ikan. Beberapa anak juga mulai menjajaki arena track mini yang tersedia di tempat itu.

Jadi, jika anda menyukai rindangnya pepohonan dan teduhnya taman buah, maka wisata kebun Gowa-lah tempatnya. Daerah wisata ini terletak di jalan poros Malino Kab. Gowa. Tempat satu ini memiliki daya tarik tersendiri dan bisa dijadikan alternatif wisata favorit keluarga.
Tak hanya rindang, wisata kebun ini menyediakan fasilitas berupa arena bermain, kolam renang, tempat memancing, mini track, restoran juga tempat penginapan. Bagi pengunjung yang suka memancing bisa menyalurkan hobinya memancing karena alat pancing dan umpan sudah disediakan di tempat ini.

Seperti namanya, wisata kebun ini banyak ditumbuhi pepohonan dan aneka macam bunga. Buah-buahan seperti rambutan, mangga, nanas, pepaya, jeruk dan lain-lain tumbuh subur di kawasan ini. Berdasarkan keterangan karyawan setempat saat musim buah tiba, pengelola menjualnya kepada para pengunjung yang bisa langsung menikmatinya di tempat itu.

Wisata kebun ini memiliki banyak kelebihan karena menyediakan banyak sarana hiburan. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 untuk hari Sabtu-Minggu dan Rp. 15.000 pada hari biasa, kita dapat menikmati fasilitas hiburan sepuasnya. Jika ingin menginap, pengunjung bisa menyewa villa yang tersedia di tempat ini. Disini juga tersedia restoran yang penyajian makanannya sampai pagi jadi bagi wisatawan yang menginap bisa makan sepuasnya.

Banyaknya pengunjung yang datang saat musim libur tiba menjadikan areal wisata ini menjadi sempit karena memadatnya wisatawan. Ada baiknya jika pihak pengelola dan pemerintah setempat bekerja sama dengan memperluas areal wisata agar pengunjung bisa leluasa menikmati sarana hiburan yang ada. Berhubung tempat wisata ini baru beroperasi selama tiga tahun, ada baiknya dilakukan promosi online dan pembuatan brosur wisata agar kebun wisata ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan tapi juga masyarakat Indonesia. Dengan demikian kawasan wisata ini bisa menjadi tempat wisata favorit keluarga.

0 komentar: